Selasa, 06 Juni 2017

Mengenal Format ISO dan CSO Pada PPSSPP Serta Perbedaannya

loading...
Sering kali saat kita mendownload game ppsspp berformatkan ISO ataupun CSO, ini seringkali membuat kita bertanya-tanya, apa sih iso?, apa sih cso?, bedanya apa?. mari kita bahas bersama -sama mengenai format pada game ppsspp yang pasti kita temui ini.

Baca Juga: 50+ Kumpulan Game PPSSPP Ukuran Kecil/Ringan

Baiklah, kita coba bahas tentang ini secara mendetail agar kita semua paham, tidak hanya paham bermain gamenya saja yah. merasakah anda sering kali kita lebih banyak menemukan format iso dibandingkan cso? apakah itu aneh?, simak penjelasan yang saya dapatkan dari berbagai sumber.

ISO VS CSO

Apa itu ISO?

Format ISO = Direct Image Copy dari UMD disk (International Organization For Standardization) pada PSP/PPSSPP ini cenderung memiliki ukuran file yang lebih besar. bisa dibilang file ISO adalah file murni yang masih banyak mengandung file yang solid atau masih terjaga keasliannya.

Untuk kelebihan dari ISO sendiri yang katanya lebih cepat ketimbang game file yang berformat CSO, lebih stabil dan halus saat menjalankan game yang berformat ISO dan juga grafiknya lebih bagus akan tetapi kekurangannya adalah ukuran file-nya yang sangat besar. tapi saya rasa itu tidak masalah, mungkin anda akan lebih jelas lagi, baca kelanjutannya sampai selesai.

Apa itu CSO?


Format CSO = Bentuk Kompresi dari ISO, nah ini kebanyakan salah mengartikan yang satu ini, ternyata CSO adalah bentuk kompresi dari ISO yang memiliki tingkat kompresi yang berbeda-beda pada tiap-tiap game, karena itu mengapa format CSO lebih kecil ukurannya dan seringkali terjadi error, jika file game berformat CSO sering eror biasanya terlalu banyak dikompresi agar ukurannya kecil akan tetapi malah merusak kesolidan file aslinya, maka dari itu sering kali gamenya tidak mau berjalan atau gamenya menjadi lambat.

Mungkin kelebihan dari file CSO adalah soal ukuran saja, karena lebih menghemat memory ketimbang file ISO, kekurangannya adalah sering terjadi error pada saat menjalankan game, juga membuat loading game lebih lama.

Saya rasa anda semua sangat paham dengan apa yang saya sampaikan ini, hehehe. kurang lebihnya seperti itu, mungkin ini menjawab penasaran para pengguna PSP/PPSSPP yang belum mengetahu hal ini.

Pembahasan

Jadi intinya ISO dan CSO itu sama hanya dibedakan secara grafik, ukuran dan kestabilan game. sering kali juga banyak orang yang baru memainkan game ppsspp kebingungan dengan file game yang berformat .zip, .rar atau .7z, disini perlu sedikit penjelasan. zip rar atau 7z itu hanya bentuk arsip yang berisikan file aslinya, jadi jika ingin menggunakan file format game aslinya dalam bentuk ISO atau CSO anda hanya perlu meng-ekstrak filenya (Rar, Zip, 7z) lalu akan muncul file aslinya dari arsip yang di-ekstrak.

Jadi lebih milih ISO atau CSO? saya memilih dua-duanya yang penting mendukung kondisi semuanya, tapi ada baiknya memilih menggunakan game yang berformatkan ISO karena lebih stabil dan keunggulan lainnya seperti apa yang sudah saya bahas diatas, tapi jikalau smartphone kita kurang mendukung memorynya mengapa tidak menggunakan file CSO akan tetapi kita tanggung resikonya seperti apa yang sudah saya bahas diatas.

Untuk lebih memilih ISO atau CSO itu kembali lagi ke anda-anda semua, lebih milih yang mana, pastinya pilih yang sesuai kebutuhan dan kapasitas yang dibutuhkan.

Baca Juga: 4 Game Naruto PPSSPP (ISO) Ukuran Kecil/Ringan

itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Mengenal Format ISO dan CSO Pada PPSSPP Serta Perbedaannya, semoga bermanfaat untuk kita semua. mohon maaf jika ada salah-salah kata atau kata-kata yang kurang berkenan, ini semata-mata hanya membagi ilmu semata tanpa maksud menjelekan apapun dan siapapun.
loading...

Artikel Terkait

Mengenal Format ISO dan CSO Pada PPSSPP Serta Perbedaannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

23 Desember 2017 pukul 18.39 delete

mengenang masa kecil,,, main game... tetriz

Reply
avatar
4 November 2018 pukul 06.01 delete

Oh pantesan gw download god of war yg cso scene nya gak lengkap

Reply
avatar

Dilarang Keras~

*Spaming
*Memasang Link Aktif
*Asal komen

Komentar sewajarnya dan relavan