Rabu, 30 Agustus 2017

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus Dan Unik Untuk Blog

loading...
Memilih nama domain yang tepat bukanlah hal yang mudah tapi bukan juga hal yang sulit, yang pasti hal ini adalah elemen yang terpenting dalam sebuah blog/website. ini berkaitan juga dengan seo apalagi untuk blog baru ini sangat cocok, jangan sampai blog sudah cukup berumur lalu diganti domainnya, pasti akan mengurangi kualitas blog terlebih kita harus membangun ulang reputasi blog tersebut.

Jika sudah memikirkan itu matang-matang sejak awal, kita lebih enak untuk melanjutkannya atau membangun blognya, dan juga salah satu optimasi untuk blog baru walaupun hanya sebagian kecil saja. banyak hal yang harus diperhatikan untuk memilih domain ini.

Tips Memilih Domain

Domain yang sering digunakan biasanya adalah domain EMD (Exact-Match Domain) dan brandable domain, domain ini biasanya ditargetkan untuk kata kunci sebuah niche atau topik, misalkan kalian menargetkan kata kunci "Cara Membuat Blog" biasanya domain EMD/Brandable yang akan digunakan yaitu: "www.caramembuatblog.com", "www.cara-membuat-blog.com" dan domain sejenisnya.

Tapi sepertinya sekarang sudah tidak berlaku lagi cara seperti itu untuk menargetkan kata kunci yang dituju, pada intinya lupakan membuat domain seperti itu, yang kita targetkan disini adalah kualitas konten, konten apa saja yang akan kita isi untuk blog kita, maka dari itu untuk memilih domain haruslah memperhatikan hal-hal berikut:

1. Jangan Gunakan Domain Gratisan Yang Jelek

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah sebisa mungkin jangan gunakan domain gratisan yang "jelek". jangan sampai salah paham ya sama yang dimaksud domain yang jelek.

Domain yang jelek yang dimaksud disini adalah domain yang bukan TOP TLD+Gratisan, jika domain ekstensi yang gratisan termasuk "TLD" dan "Tempat Penjualnya Terpercaya" kenapa enggak!?. domain gratisan yang jelek yang dimaksud disini adalah domain yang memiliki hirarki yang rendah/jelek di Domain Name System of internet, contohnya domain yang memiliki hirarki yang jelek, salah satunya:
  • .TK
  • .ML
  • .GA 
  • dan lain-lain.
Alasannya, kenapa jangan gunakan domain gratis yaitu:
  • Domain yang sering digunakan oleh blog-blog spamming/trash
  • Tidak professional dan jelek
  • Saat domain habis, biasanya susah untuk diperpanjang dan ada beberapa pemberitahuan yang tidak jelas, hal ini dapat menyulitkan anda, otomatis domain harus diganti bisa-bisa reputasi blog turun dan jelek
  • Biasanya terdapat "penjual" gratisan yang jelek dan menyulitkan anda mengakses domain yang diambil

2. Pilih Ekstensi Domain Yang Baik (.Com, .Net, Dll)

Ekstensi domain yang baik adalah domain yang memiliki hirarki yang baik dalam Domain Name System Dari Internet. seperti TLD (Top-Level Domain) dan ada beberapa jenis TLD yang dimaksud : country code top-level domains (ccTLD), generic top-level domains (gTLD), sponsored top-level domains (sTLD), unsponsored top-level domain, infrastucture top-level domain. contoh domain ccTLD:
  • .id (indonesia)
  • .my (malaysia)
  • .us (amerika)
  • .ru (rusia)
  • dan lain-lain
Contoh dari generic top-level domain:

  • .com (commercial)
  • .org (organitation)
  • .net (network)
  • .edu (education)
  • dan lain-lain
Contoh dari sponsored top-level domain:
  • .aero (members of air-transportation industry)
  • .asia (companies, organisation and individuals in the asia-pacific region)
  • .cat (catalan linguistic and cultural community)
  • .coop (cooperative associations)
  • dan lain-lain

nah, untuk pilih ekstensi domain, menurut saya pilih domain terbaik dari gTLD seperti .com atau .net, ini ekstensi yang sering digunakan dan biasanya .org akan menjadi pilihan ketiga untuk memilih tld domain, tapi saran saya jangan gunakan .org jadi pilihan ketiga untuk memilih domain, lebih baik gunakan ccTLD seperti .id, web.id atau lainnya, yang pasti baiknya gunakan code negara sendiri. perhatikan dari ekstensi, .com (commercial), .net (network) ya kurang lebih seperti itu.

3. Pilih Penjual Domain Yang Terbaik

Kenapa harus memilih penjual terbaik, yang pasti agar tidak terjadi masalah saat memperbaiki blog. biasanya penjual domain yang memiliki reputasi yang baik atau terpercaya akan jarang sekali terjadi masalah server error/rusak dan sejenisnya, lain halnya dengan penjual domain yang abal-abal.

Untuk itu pilihlah situs penjual domain terbaik, di indonesia sendiri juga ada beberapa situs yang sangat terpercaya untuk membeli domain ataupun hosting karena memang hosting dan domain ini sangat berkaitan erat. beberapa situs terbaik yang menyediakan domain yaitu:

Pada intinya situs penjual yang terpercaya, seperti halnya rumahweb, sudah ada sejak tahun 2002 pasti sudah banyak yang menggunakannya dan harganya pun masih normal.

4. Cari Nama Domain Yang Unik Dan Mudah Diingat

Mencari hal yang unik adalah cara terbaik untuk mempopulerkan sebuah blog/web, mengapa demikian? karena nama yang unik akan mudah diingat oleh para pengunjung akan tetapi konten juga sangat berpengaruh.

Untuk itu carilah nama domain yang mudah di ingat dan berkesan untuk para pengunjung agar kembali mengunjungi blog anda, contoh saja misal: arlinadesign, sugeng.id, strukturekode, dan lainlain, nah nama-nama ini pasti sudah gak asing lagi kan ditelinga kalian, para blogger terkenal dengan segala keciri khas'annya.

...Lalu bagaimana cara mendapatkan nama yang unik seperti itu!?

Misal blog kalian membahas tentang makanan, pasti kebanyakan domain akan menggunakan kata "food" atau kata yang bersangkutan lainnya. menurut saya usahakan menggunakan kata seunik mungkin, jika kita mengikuti kata kebanyakan pasti akan terkesan pasaran. jangan sampai mengikuti nama-nama yang banyak digunakan.

5. Pastikan Mudah Diketik Dan Mudah Dibaca

Jangan lupa jika kalian sudah menemukan nama yang unik pastikan tulisan itu mudah untuk diketik, jangan sampai seperti ini: contoh: www.harioejsgf.com dan sejenisnya. juga kata yang mudah untuk dibaca atau dieja ini kembali ke nama yang mudah di ingat, jadi jangan sampai nama domain yang sulit untuk dieja, nanti gimana mau di ingat dibacanya saja susah

6. Pilih Nama Yang Memiliki Ciri Khas Dan Permanen

Pilihlah nama domain yang mencirikan blog/website anda, jangan sampai menamainya dengan trend yang sedang terjadi saat ini, ini pasti diingatnyapun hanya sementara. terkecuali blog kalian diisi dengan konten yang membahas tentang trend yang sedang terjadi saat ini, itu tidak masalah.

Karena yang ngetrend hanya bersifat sementara. maka dari itu pilihlah nama yang akan menjadi ciri khas dari anda dan yang bersifat permanen. pastikan jangan sampai mengganti domain anda.

Penutup
Jadi pikirkan matang-matang nama yang akan digunakan, jangan sampai sudah dipasang malah kecewa. pilihlah yang terbaik menurut anda, cari nama-nama unik dari hal didekat anda, misalnya saja, anda bisa menggunakan nama julukan atau kata unik yang pernah anda dengar atau hal semacamnya.
loading...

Artikel Terkait

Tips Memilih Nama Domain Yang Bagus Dan Unik Untuk Blog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

15 comments

7 September 2017 pukul 00.19 delete

Waduh , ane terlanjur masang yang gratisan dan itupun .tk , habis bellum ada penghasilan dari blog sih

Reply
avatar
7 September 2017 pukul 10.25 delete

ane dari awal emang niatnya pakai .com, kesannya keren pas dulu jaman SMP kalau mampir ke blog yg udah pakai .com

Reply
avatar
Anonim
7 September 2017 pukul 10.31 delete

terima kasih infonya, sangat bermanfaat kebetulan saya lagi mau membuat nama domain untuk blog baru saya.

Reply
avatar
7 September 2017 pukul 10.38 delete

Wah kebetulan nih saya juga ada rencana mau pake domain .com makasih gan udah ngasih tips2 yg benar

Reply
avatar
fei
13 September 2017 pukul 17.37 delete

Kalau saya sih. pilih domain yang unik dan memiliki ciri khas. biar dikenal orang banyak. kayak domainya si bagas. padahal sitenya buat dunlut 😁
.
btw domain .top dan .space masuk yg mana ya? TLD apa nggak?

Reply
avatar
13 September 2017 pukul 22.37 delete

Klo blogku domainya tld dari domainesia gan, jd bisa ktrima adsanse

Reply
avatar
14 September 2017 pukul 11.51 delete

Tahu g kang berapa biaya perpanjang domain di freenom

Reply
avatar
15 September 2017 pukul 16.52 delete

pengen beli domain dot com tapi belum kesampean ! :D

Reply
avatar
17 September 2017 pukul 10.53 delete

kalo domain .store itu termasuk apa yaaaa ? apa TLD ? soal nya saya mau beli

Reply
avatar
25 September 2017 pukul 12.26 delete

Terima kasih tipsnya... duh pilihan saya udah benar belum ya?
Ahadweb.com

Reply
avatar
25 September 2017 pukul 12.44 delete

Pengen pasang yang .net gan. Tapi blog ane baru keterima adsende, takutnya kalo di ganti sekarang , malah ada review lagi dari adsennya ?

Reply
avatar

Dilarang Keras~

*Spaming
*Memasang Link Aktif
*Asal komen

Komentar sewajarnya dan relavan